Mahasiswa KKN-PK Desa Dulangeya Memaksimalkan Pilar Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Desa Dulangeya

Oleh: Gunawan Lanjahi . 14 Agustus 2023 . 09:01:03

                     

Pelatihan Pembuatan Bakso Ikan oleh Mahasiswa KKN-PK Desa Dulangeya

        Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan (KKN-PK) Universitas Negeri Gorontalo di Desa Dulangeya, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo melaksanakan berbagai program untuk mencegah dan menanggulangi kejadian stunting di boalemo.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan (KKN-PK) Universitas Negeri Gorontalo di Desa Dulangeya, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo melaksanakan berbagai program untuk mencegah dan menanggulangi kejadian stunting di boalemo.

Mohamad Alief Wardhana Djafar selaku koordinator Desa KKN-PK Desa Dulangeya menyampaikan bahwa tiga program utama yang berkaitan secara langsung dengan lima pilar pencegahan dan pengendalian stunting, dan sembilan program tambahan yang dilaksanakan untuk mendukung program utama dan penyelesaian masalah kesehatan di desa. Program utama yang dilaksanakan adalah pelatihan pembuatan sirup kelor untuk meningkatkan kekebalan tubuh balita yang dilaksanakan pada 25 Juli 2023, pelatihan pembuatan bakso ikan bagi ibu dan kader kesehatan yang dilaksanakan pada 07 Agustus 2023, dan penyusunan policy brief pencegahan stunting di level desa.

Setiap kegiatan KKN-PK dilaksanakan sendiri oleh mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbing lapangan. Kegiatan yang dilaksanakan mendapat respon yang positif dari kelompok sasaran, masyarakat secara umum, pemerintah Desa Dulangeya, dan pemerintah Kecamatan Botumoito. 

Dalam sambutannya dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan bakso ikan, ibu Dr. Lintje Boekoesoe, M.Kes selaku ketua tim pembimbing mahasiswa KKN-PK di Desa Dulangeya menyampaikan harapannya terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut.

                                                   

       Sambutan Dosen Pembimbing Lapangan

“Kami mengharapkan agar program pelatihan pembuatan bakso ikan dan sirup kelor dalam membantu mencegah dan menanggulangi stunting di desa, dan kami berharap melalui kegiatan pemberdayaan ini dapat dikembangkan sampai terbentuk suatu kelompok usaha di level desa yang nantinya juga dapat berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi bagi ibu dan desa” katanya.

 

 

Agenda

9 - 22 Desember 2021

PBL II KECAMATAN DUNGALIYO

Kegiatan PBL II Jurusan Kesehatan Masyarakat akan dilaksanakan di Kecamatan Dungaliyo. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan PBL I yang akan diikuti oleh 168 mahasiswa. Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 minggu mulai tanggal 9 Desember 2021 sampai tanggal 22 Desember 2021.

2 - 3 Mei 2013

Sosialisasi dan Pra Lokakarya

Sosialisasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Dan Pra Lokakarya Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Gorontalo.
Keynote Speaker : Dr. Adang Bachtiar, MD MPH DSc Selaku Ketua IAKMI Pusat

27 Maret 2013

PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL

JADWAL UJIAN PROPOSAL
RABU, 27 MARET 2013
1. ZAINUDIN LAKODI (09.00-10.00)
2. VIVIYETI MAHAJI (10.00-11.00)
3. FARHAN ISA (11.00-12.00)
4. ROLINS ISMAIL (12.00-13.00)
5. LANA MITCHELL (13.00-14.00)
6. HERLINA OLII (15.00-16.00)

26 Maret 2013

Pelatihan Website SITU

Pelatihan Website Integraqsi SIAT dan SITU UNG FIKK